Cermat Memilih Mesin Polimas

Panduan Pemula untuk Mesin Polimas

hotprint-article4.jpg

Ditulis Oleh: Artikel EMM Diterbitkan Tanggal: 10 June 2013

Artikel ini khusus untuk pemakai pemula yang ingin membeli mesin polimas atau hot print.

Pada umumnya pemakai pemula akan bingung pada saat menentukan jenis mesin polimas yang akan dibeli pertama kali. Terdapat berbagai pertanyaan yang harus dijawab untuk menemukan mesin polimas yang sesuai dengan keperluan. Pertanyaan paling mendasar adalah jumlah kuantitas order yang diterima atau pekerjaan polimas yang ingin dilakukan. Jika order yang diterima kecil hanya beberapa ratus lembar, maka tidak diperlukan mesin yang terlalu canggih dan cepat. Untuk pekerjaan minimal ini, paling efisien dan ekonomis jika menggunakan mesin polimas dengan tipe hand press (model HX-358). Apabila order yang diterima kuantitas menengah atau besar, maka diperlukan mesin polimas dengan penggerak motor (motorized).

Jika sudah menentukan untuk menggunakan mesin polimas dengan penggerak motor, maka kita tiba di pertanyaan berikutnya, sistem penarikan foil jenis apakah yang diperlukan? Sitem penarikan foil pada mesin polimas terbagi menjadi 3 kategori dasar: dengan sistem mekanik (gear), sistem digital, dan sistem komputer. Penarikan foil dengan sistem mekanik adalah yang paling ekonomis meskipun kelemahannya adalah pada akurasi jarak penarikan foil yang tidak stabil, sehingga tidak cocok jika diperlukan akurasi pada proses polimas contohnya pekerjaan logo hologram. Penarikan dengan sistem digital bisa dibilang adalah perpaduan antara ekonomis dan akurasi sehingga merupakan produk tengah (middle ground), akurasi lebih tinggi dari sistem mekanik tetapi tetap ekonomis. Yang terakhir adalah penarikan foil dengan sistem komputer, sistem ini merupakan sistem yang paling akurat meski harganya lebih mahal jika dibandingan dengan sistem lainnya, mesin dengan sistem komputer cocok digunakan untuk segala jenis pekerjaan polimas termasuk pekerjaan logo hologram.

Sebagai tambahan, selain 2 pertanyaan utama diatas ada juga perlu ditentukan berapa jumlah foil station yang diperlukan. 2 foil station artinya dalam sekali pengerjaan bisa menarik dan mencetak 2 foil atau 2 warna.

Semoga artikel ini membantu, :)